Friday, May 3, 2013

warih Modifikasi Suzuki Swift : 13 Second For Daily Use azik

warih Modifikasi Suzuki Swift : 13 Second For Daily Use azik - terbaru memuaskan mantab mobil modif ada dsari warih Modifikasi Suzuki Swift : 13 Second For Daily Use azik.


Punya mobil kencang dan masih sangat layak jika dipakai harian. Ya, inilah diwujudkan pada Suzuki Swift oleh Ajat Sudrajat, sang pemilik mobil sekaligus tuner dari rumah modifikasi Twin Garage.
Suzuki Swift Modifikasi
Segala hal dilakukan agar Suzuki Swift miliknya dapat melaju kencang di lintasan balap, terutama drag race. Modifikasi apa saja yang telah dilakukan oleh Ajat demi mendongkrak performanya? Mari kita ulas lebih lanjut.
Suzuki Swift Modifikasi
Diawali dari sektor mesin. Dalam hal ini, Ajat tidak mau nego dan juga ingin dicangkokan turbo ke mesinnya. Oleh karena itu, mesin bawaan Suzuki Swift yang berkapasitas 1.500 cc diganti dengan mesin berkode M18A milik Suzuki Liana yang berkapasitas 1.800 cc. Bagian internalnya pun dibiarkan standar, terkecuali per klep dari Brian Crower.
Suzuki Swift Modifikasi
“Penggunaan mesin M18A, selain karena kapasitasnya lebih besar, proses pemasangannya pun plug and play alias tanpa harus merubah posisi dudukan mesin. Selain itu, masih jarang yang pake mesin ini, atau bahkan sekarang cuma saya yang pake karena dulu pernah ada yang coba tapi jebol semua,” jelas Ajat.
Suzuki Swift Modifikasi
Untuk perangkat turbonya, Ajat menetapkan pilihannya kepada turbo kit Zage. Pemasangan pun dirasa mudah, hanya saja meng-custom beberapa bagian seperti exhaust system yang berakhir di knalpot A’PEXi. Sementara agar bensin bisa memenuhi kebutuhan mesin, fuel pump memakai kepunyaan Aisin 220 lph, fuel rail dari Works Engineering dan injektor tambahan dari Galant VR4.
Suzuki Swift Modifikasi
Setelah sektor mesin dirasa mumpuni, pengaturan pengapian dan penyaluran bahan bakar jadi perhatian berikutnya bagi Ajat. ECU masih memakai bawaan Suzuki Swift, tetapi doi menambahkan piggyback Dastek Unichip Q+ serta turbo module untuk mengatur kinerja turbo.
Suzuki Swift Modifikasi
Agar tidak percuma, kaki-kaki juga disempurnakan. Velg berukuran 17 menjadi pilihannya yang dibalut dengan ban Yokohama. Selain itu, sturtbar di bagian depan dan belakang, serta suspensi coilover dari HKS dipercaya memperkuat traksi saat start di arena drag race.
Suzuki Swift Modifikasi
Suzuki Swift Modifikasi
Dengan modifikasi yang dilakukan, Ajat berhasil membuat Suzuki Swift miliknya ngacir dengan menorehkan waktu 13,3 detik di ajang balap drag race 402 meter pada beberapa waktu lalu. “Saat drag race pakai racing fuel beroktan 105 dengan boost 0,8 bar. Kalau harian masih cukup pakai bensin beroktan 92 dan boost 0,6 bar,” jelasnya.
Suzuki Swift Modifikasi
“Next project, saya ingin ganti cylinder head serta gearbox dari mesin M16 milik Suzuki Sport agar bisa mengaplikasikan limited slip differential (LSD). Hehehe...” ujar Ajat.

Safety Tetap Numero Uno

Suzuki Swift Modifikasi
Beragam modifikasi untuk meningkatkan performa, yang tak dilupakan oleh Ajat yaitu unsur safety. Untuk itu, Ajat menyematkan roll bar custom 4 titik dan juga seat belt Sparco. Demikian juga piranti rem Suzuki Swift bawaan harus pensiun dan digantikan dengan piringan cakram Run Stop serta brake line Pro RS.
Suzuki Swift Modifikasi
Ajat’s Suzuki Swift
Engine : Swap To M18A, Brian Crower Valve Spring, Zage Turbo Kit, Works Engineering Crank Pulley, Works Engineering Fuel Rail Kit, Works Engineering Clutch Kit, Custom Exhaust Piping, A’PEXi Muffler, Galant VR4 Extra Injectors (2pcs), Aisin 220 lph Fuel Pump, Dastek Unichip Q+ Piggyback, Dastek i-Drive, Dastek Turbo Module.
Wheels&Suspension : D1RR 17”, Yokohama 17/215R17, HKS V Max Coilover, Ultra Racing Front-Rear Strutbar, Ultra Racing Front Lower Bar, Runstop Disc Brake, PRO RS Brake Line.
Interior : Custom Roll Bar, MOMO Shiftknob, Recaro Bucket Seat, Sparco Safety Belt, Pivot Tachometer Gauge, Free Power Water Temp Gauge, Free Power Oil Temp Gauge, Free Power Boost Gauge, HKS Turbo Timer.