warih Kelebihan dan Kekurangan Honda Brio spek azik - terbaru sekali maximal ajib azik dari warih Kelebihan dan Kekurangan Honda Brio spek azik.
City car Honda Brio termasuk produk HONDA dengan bandrol
terjangkau tapi tetap memperhatikan kualitas. Sejak pertama kali
diluncurkan pada bulan Agustus 2012, Honda Brio memang menjadi pesaing
bagi kompetitor di kelasnya seperti mobil Toyota Etios Valco, Mitsubishi Mirage, Nissan March, Kia Picanto, Suzuki Splash.
Brio memiliki daya tampung penumpang sama dengan honda jazz
yakni 4 orang, namun memiliki keunggulan lebih khususnya harga lebih
murah dan lebih irit dari honda jazz, tampilan brio juga lebih sporty
dibanding honda jazz.
Exterior Honda Brio
Honda menyugukan kesegaran pada bagian exterior Brio, dengan konsep “Double Triangle” yang menggabungkan segitiga dinamis dan sporty yang terletak di bagian depan serta belakang, Apalagi desain agresif di face mobil itu kemudian mengalir ke bagian samping mobil sehingga membuatnya terlihat enak dipandang.
Tak hanya itu, Brio dilengkapi Sporty Bonnet yang merupakan ciri khas Honda, serta Chrome Grille yang berbentuk heksagonal, sehingga lebih terlihat sporty.
Bagian lampu depan juga lebih atraktif, dilengkapi velg alloy whell berukuran 14 inci. Untuk kaca depan terlihat lebih lapang, sehingga meminimalkan blindspot. Selain itu, terlihat lebih leluasa melihat kondisi jalan di luar.
Di bagian belakang, Honda menerapkan inovasi desain stylish baru, dengan memadukan kaca belakang besar dan bumper yang juga besar dengan lampu belakang yang imut.
Interior Honda Brio
Masuk ke dalam kabin, nuansa lega terasa, Jarak kaki dengan posisi duduk lebih leluasa, baik bagian depan maupun belakang, bahkan bisa dikatakan membuat kita hampir lupa kalau ini adalah kabin sebuah city car
Visibilitas mobil ini pun terasa sangat luas baik dengan kaca depan yang besar, kaca belakang luas juga membuat pandangan ke belakang melalui spion tengah terasa luas pula.
Pada ruang kokpit, Brio dilengkapi dengan Eco Indicator. Kemudinya didesain 3 Spoke Steering Wheel dan telah menggunakan teknologi Power Steering.
Mesin & Performa Honda Brio
Lingkar kemudi terasa lebih ringan, sehingga mudah untuk dikendalikan meskipun di pacu dengan kecepatan tinggi di atas 100 km/jam, setir tetap dapat dikendalikan. Selain itu Brio juga sangat nyaman jika diajak bermanuver sepert zigzag, bahkan saat melakukan putaran 360 derajat dengan lingkar kurang dari tujuh meter, mobil ini masih terasa stabil bila dicoba oleh pemula sekali pun.
Soal Mesin, Honda telah menyematkan mesin 1.3 L SOHC i-VTEC pada Brio dimana dengan mesin ini diklaim mampu menghasilkan daya maksimum hingga 100 Ps pada 6.000 rpm dengan torsi 13 kg.m pada 4.800 rpm.
Dari hasil test di jalan tol, saat pedal ditekan hingga jarum speedometer menunjukkan 120 km/jam, ternyata Brio masih menyimpan tenaga yang lebih besar, namun karena terbatas jarak dan waktu saat melakukan pengetesan, kecepatan di atas 120 km/jam tidak terpenuhi.
Keamanan
Dari segi keamanan, Brio telah dilengkapi fitur mumpuni, sebut saja fitur pengereman Anti-lock Braking System (ABS) yang berfungsi ketika terjadi penguncian roda saat pengereman mendadak. Sementara itu, Electronic Force Distribution (EBD) berfungsi mendistribusikan pengereman sesuai dengan beban kendaraan.
Selain itu, terdapat teknologi Honda G-Force Control (G-CON) + ACE yang dapat berfungsi sebagai peredam saat terjadi benturan, serta melindungi kabin penumpang saat bertabrakan. Dual SRS Airbag juga terpasang di posisi pengemudi dan penumpang bagian depan.
Untuk keamanan juga dilengkapi Pretensioner with Load Limiter Seatbelt, Pedestrian Protection, Security Alarm, serta Immobilizer Anti-Theft System.
Lebih lengkapnya berikut spesifikasi Honda Brio
Kelebihan
Exterior Honda Brio
Honda menyugukan kesegaran pada bagian exterior Brio, dengan konsep “Double Triangle” yang menggabungkan segitiga dinamis dan sporty yang terletak di bagian depan serta belakang, Apalagi desain agresif di face mobil itu kemudian mengalir ke bagian samping mobil sehingga membuatnya terlihat enak dipandang.
Tak hanya itu, Brio dilengkapi Sporty Bonnet yang merupakan ciri khas Honda, serta Chrome Grille yang berbentuk heksagonal, sehingga lebih terlihat sporty.
Bagian lampu depan juga lebih atraktif, dilengkapi velg alloy whell berukuran 14 inci. Untuk kaca depan terlihat lebih lapang, sehingga meminimalkan blindspot. Selain itu, terlihat lebih leluasa melihat kondisi jalan di luar.
Di bagian belakang, Honda menerapkan inovasi desain stylish baru, dengan memadukan kaca belakang besar dan bumper yang juga besar dengan lampu belakang yang imut.
Interior Honda Brio
Masuk ke dalam kabin, nuansa lega terasa, Jarak kaki dengan posisi duduk lebih leluasa, baik bagian depan maupun belakang, bahkan bisa dikatakan membuat kita hampir lupa kalau ini adalah kabin sebuah city car
Visibilitas mobil ini pun terasa sangat luas baik dengan kaca depan yang besar, kaca belakang luas juga membuat pandangan ke belakang melalui spion tengah terasa luas pula.
Pada ruang kokpit, Brio dilengkapi dengan Eco Indicator. Kemudinya didesain 3 Spoke Steering Wheel dan telah menggunakan teknologi Power Steering.
Mesin & Performa Honda Brio
Lingkar kemudi terasa lebih ringan, sehingga mudah untuk dikendalikan meskipun di pacu dengan kecepatan tinggi di atas 100 km/jam, setir tetap dapat dikendalikan. Selain itu Brio juga sangat nyaman jika diajak bermanuver sepert zigzag, bahkan saat melakukan putaran 360 derajat dengan lingkar kurang dari tujuh meter, mobil ini masih terasa stabil bila dicoba oleh pemula sekali pun.
Soal Mesin, Honda telah menyematkan mesin 1.3 L SOHC i-VTEC pada Brio dimana dengan mesin ini diklaim mampu menghasilkan daya maksimum hingga 100 Ps pada 6.000 rpm dengan torsi 13 kg.m pada 4.800 rpm.
Dari hasil test di jalan tol, saat pedal ditekan hingga jarum speedometer menunjukkan 120 km/jam, ternyata Brio masih menyimpan tenaga yang lebih besar, namun karena terbatas jarak dan waktu saat melakukan pengetesan, kecepatan di atas 120 km/jam tidak terpenuhi.
Keamanan
Dari segi keamanan, Brio telah dilengkapi fitur mumpuni, sebut saja fitur pengereman Anti-lock Braking System (ABS) yang berfungsi ketika terjadi penguncian roda saat pengereman mendadak. Sementara itu, Electronic Force Distribution (EBD) berfungsi mendistribusikan pengereman sesuai dengan beban kendaraan.
Selain itu, terdapat teknologi Honda G-Force Control (G-CON) + ACE yang dapat berfungsi sebagai peredam saat terjadi benturan, serta melindungi kabin penumpang saat bertabrakan. Dual SRS Airbag juga terpasang di posisi pengemudi dan penumpang bagian depan.
Untuk keamanan juga dilengkapi Pretensioner with Load Limiter Seatbelt, Pedestrian Protection, Security Alarm, serta Immobilizer Anti-Theft System.
Lebih lengkapnya berikut spesifikasi Honda Brio
|
||
Tipe | 1.3 L SOHC, 4 Silinder, 16 Katup i-VTEC + DBW | |
Sistem Suplay Bahan Bakar | PGM-FI | |
Diameter x Langkah | 73 mm x 80 mm | |
Isi Silinder | 1.339 cc | |
Perbandingan Komperasi | 10,5 : 1 | |
Daya Maksimum | 73 kw (100 ps) / 6.000 rpm | |
Torsi Maksimum | 13 kg.m (127 nm) / 4.800 rpm |
|
||
Panjang x Lebar x Tinggi (mm) | 3.610 x 1.680 x 1.485 | |
Jarak Sumbu Roda (mm) | 2.345 | |
Jarak Pijak Depan / Belakang (mm) | 1.480 / 1.465 | |
Radius Putar (m) | 4.5 | |
Kapasitas Tangki (Liter) | 35 |
|
|||
Tipe | 5 – Speed | ||
Perbandingan Gigi : | 1st | - 3.307 (Tipe S M/T & Tipe E M/T) - 2.995 (Tipe S A/T & Tipe E A/T) |
|
2nd | - 1.750 (Tipe S M/T & Tipe E M/T) - 1.678 (Tipe S A/T & Tipe E A/T) |
||
3rd | - 1.171 (Tipe S M/T & Tipe E M/T) - 1.066 (Tipe S A/T & Tipe E A/T) |
||
4th | - 0.853 (Tipe S M/T & Tipe E M/T) - 0.760 (Tipe S A/T & Tipe E A/T) |
||
5th | - 0.727 (Tipe S M/T & Tipe E M/T) - 0.551 (Tipe S A/T & Tipe E A/T) |
||
Reverse | - 3.307 (Tipe S M/T & Tipe E M/T) - 1.956 (Tipe S A/T & Tipe E A/T) |
||
Final Gear | - 4.625 (Tipe S M/T & Tipe E M/T) - 4.562 (Tipe S A/T & Tipe E A/T) |
||
Grade Logic Control | Ya | ||
Sift Hold System | Ya |
|
||
Sistem | Rack & Pinion. Electric Power Steering (EPS) | |
Tilt Steering | Ya |
|
||
Depan | McPherson Strut | |
Belakang | H-Shape Torsion Beam |
|
||
Depan | Ventilated Disc | |
Belakang | Drum | |
ABS + EBD | Ya |
|
||
Ban | 175/65 R14 | |
Roda | - Trim Wheel 14″ (Tipe S M/T & Tipe S A/T) - Alloy Wheel 14″ (Tipe E M/T & Tipe E A/T) |
|
|
Chrome Front Grille | |
Led High Mount Stop Lamp | |
Tail Gate Spoiler | |
Rear Reflector |
|
||
Audio | - Single DIN AM/FM Single Disc MP3/WMA + AUX Input + Buetooth Ready (Tipe S M/T & A/T) - Single DIN AM/FM Single Disc MP3/WMA + AUX Input + USB Port + Buetooth Ready + made for iPod and iPhone (Tipe E M/T & A/T) |
|
Multi Information LCD Display (MIL) | Ya | |
ECO Indicator | Ya | |
Neck Shock Mitigation Seat | Ya | |
Key and Lamp Sound Indicator | Ya | |
Power Door Morror | Ya | |
Power Window | - Front (Tipe S M/T & A/T) - All (Tipe E M/T & A/T) |
|
Power Outlet | Ya | |
Green Glass | Ya | |
Seat Back Pocket (Assistand Side) | - Tidak (Tipe S M/T & A/T) - Ya (Tipe E M/T & A/T) |
|
Sunvisor with Vanity Morror (Assistand Side) | - Tidak (Tipe S M/T & A/T) - Ya (Tipe E M/T & A/T) |
|
Grab Rail (x 3) | - Tidak (Tipe S M/T & A/T) - Ya (Tipe E M/T & A/T) |
|
Cup Holder | 5 | |
Rear Seat Fold Down | Ya | |
Interior Color | Beige | |
Footrest | - Tidak (Tipe S M/T) - Ya (Tipe S A/T) - Tidak (Tipe E M/T) - Ya (Tipe E A/T) |
|
||
Pendestrian Protection | Ya | |
Side Impact Beam | Ya | |
Dual SRS Airbag | i-SRS on driver side | |
Sabuk Pengaman Depan/Belakang | 3P ELR x 2 / 3P ELR x 2 + 2P ELR x 1 | |
Pretensioner with Load Limiter | Ya |
|
||
Wave Key | Ya | |
Keyless Entry | - Tidak (Tipe S M/T & A/T) - Ya (Tipe E M/T & A/T) |
|
Immobilizer | Ya | |
Security Alarm System | - Tidak (Tipe S M/T & A/T) - Ya (Tipe E M/T & A/T) |
- Konsumsi bahan bakar yang sangat irit diantara pesaing dikelasnya
- Tampilan exterior yang sporty
- Kabin Brio lebih kedap suara meski diajak kebut 100 km/jam masih terasa nyaman dan tidak terasa suara begitu berisik yang ditimbulkan dari luar.
- Kualitas material interior mobil ini tidak bisa dianggap mewah. Kualitas plastik terutama di konsol AC terasa mengecewakan.
- Central lock yang tidak otomatis mengunci saat melaju, serta kaca bagian belakang yang tidak dilengkapi wiper.
- Tipe S transmisi manual: Rp 149 juta
- Tipe S transmisi otomatis: Rp 159 juta
- Tipe E transmisi manual: Rp 160 juta
- Tipe E transmisi otomatis: Rp 170 juta