I. Konsep Umum :
Pemrograman adalah urutan langkah ,prosedur atau tindakan yang harus dilakukan secara sistematis berencana dalam jangka waktu tertentuuntuk mencapai suatu tujuan yang di inginkan.
II. Konsep IT :
Pemrograman adalah urutan langkah prosedur yang di wujudkan dalam bentuk intruksi – intruksi pemrograman yang diberikan kepada computer tersebut dapat menjalankan suatu fungsi untuk memperoleh hasil yang di ingikan.
DEFINISI KOMPUTER
Suatu alat yang fungsinya menerima masukan data memperoses data tersebut untuk menghasilkan informasi kepada user.
Pada computer sifat pengolaha data dapat di ubah – ubah kapan saja berdasarkan program yang di brikan untuk melakukan pengolahan data tersebut.
Cirri-ciri computer adanya keybord dan monitor.
Jenis – pemrograman
- Pemrograman BIOS
- Pemrograman operating system
- Perograman bhs.program (kompilen)
- Perograman untuk menghasilkan aplikasi umum
- Pembuatan aplikasi administrasi perkantoran / keuangan (data base & perogram)
- Pemrograman Web
- Pemrograman Multymedia
- Pemrograman aplikasi Robotik / mesin industry
Dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu
- Pemrograman dilakukan didalam lingkungan DOS (CMD)
- Pemrograman dilakukan dalam lingkungan windows dengan menggunakan netbeans
Program pengaktif JAVA di Dos tuliskan program pengaktif java ini di notped kemudian di savaas dengan extension .Java
SET PATH=C:/Program Files/JAVA/jdk1.6.0_25;C:/Program Files/JAVA/jdk1.6.0_25/bin
SET CLASSPATH=.;C:/Program Files/JAVA/jdk1.6.0_25/lib
SET HOMEDRIVE=C:
SET HOMEPATH=/Program Files/JAVA/jdk1.6.0_25
SET JAVA_HOME=:C:/Program Files/JAVA/jdk1.6.0_25
Langkah – langkah pemrograman JAVA dalam lingkungan CMD
- Program o/s windows, program java ditulis dengan mengunakan notped atau dapat juga menggunakan texs editor lainnya ex: edit plus , dbedit
- Program java diletakan didalam class dan class tersebut harus diberi nama.
- Program disave dan diberi ekstensi .java dan nama file harus sama dengan nama class
- Selanjutnya file tsb harus di compile dengan menggunakan compiler Java (javac)
Ketikan program berikut
public class Halo{
public static void main(String[] args){
System.out.println(“Selamat Belajar java”);
System.out.println(“java kahfi comp”);
System.out.println(“============================”);
System.out.println(“Nama Alamat Jurusan” );
System.out.println(“============================”);
System.out.println(“Kahfi Bekasi komputer”);
System.out.println(“Romo jakarta mesin “);
System.out.println(“============================”);
System.out.println(“============================”);
System.out.println(“ trims”);
System.out.println(“ “);
System.out.println(“ “);
System.out.println(“ Kahfi”);
System.out.println(“============================”);
}
}
Kemudian save file tersebut dengan extension .java nama file harus sana dengan nama class, karna disini nama calss nya adalah Halo maka save dengan Nama Halo.java kemudian type save as diganti dengan All file.
Setelah selesai maka compare file dengan cara javac Halo.java kemudian ketikan java Halo maka file sudah dikompair cara melihanya dengan cara ketian dir lihat jika sudah ada file dengan type Halo.class maka file tersebut sudah ter compiler
Program java terdiri atas
{ (kurawal buka dinyatakan sebagai awal dari dimulainya program)
} (kurawal tutup dinyatakan sebagai akhir dari sebuah program )
Program java diawali dengan printah pembuka sebagai berikut.
public static void main(String[] args) {
}
Program java juga dapat di jalankan di internet dengan menggunakan Applet java
Langkah – langkah pembentukan Applet java
- Buatlah program Applet dengan menggunakan notped
- Lakukan kompilasi terhadap Applet java dengan menggunakan perintah javac
- File hasil kompolasi (file dengan ekstensi .class) dapat diletakan kedalam program HTML dengan menggunakan Tag <Applet code = file.class>
- Selanjutnya jalankan program html dengan browser internet
import java.awt.Graphics;
public class AppletHalo extends java.applet.Applet{
public void paint (Graphics g){
g.drawString(“Selamat Belajar Java”,5,20);
}
}
Contoh program Applet java di dalam HTML
<html>
<body bgcolor=”red”>
<applet code=”AppletHalo.class”width=”250″height=”80″>
</applet>
</body>
</html>
EKSPRESI
OPERATOR
a) OPERATOR ARITMATIKA
b) OPERATOR PENGGABUNGAN
c) OPERATOR PENAMBAHAN & PENGURANGAN
d) OPERATOR PENUGASAN
e) OPERATOR PEMBANDING
f) OPERATOR LOGICA
VARIABEL
a) VARIABEL STRING
b) VARIABEL INTEGER
c) VARIABEL DOUBLE (REAL)
d) VARIABLE BOOLEAN
PERINTAH-PRINTAH DECISION (KEPUTUSAN)
a) IF
b) IF ELSE
PERINTAH-PERINTAH LOOPING
a) BERULANG/PENGULANGAN
PENJELASAN
EKSPRESI
Adalah suatu ungkpan yang menghasilkan sebuah nilai.Ekspresi biasanya muncul dalam bentuk Aritmatika .
Contoh:
1+2,1+2*3 (1+2)*(3+2)
Dalam java ekspresi di uji dengan menggunakan program penampil.
OPERATOR
Adalah suatu tanda. Tanda ini berlaku terhadap literal di sebelah kiri dan kanan tanda operator melakukan operasi tertentu terhadap literal di kiri dan dikanan tanda operasi.
1 + 2 dimana 1(literal kiri) + (operator) 2(literal kanan)
Fungsi operator + diatas adalah menjumlahkan literal di kiri dengan di kanan
a) Operator Aritmatika
Adalah jenis –jenis operator yang di gunakan dalam berhitung
Contoh:
- + : operator penjumlah
- - : operator selisih
- * : operator Pengali
- / : operator pembagi
- % : operator sisa pembagian
+ : Menjumlahkan literal dikiri dengan literal di kanan contoh: 1+2 = 3
- : Selisih antara literal kiri dengan literal kanan contoh: 5-3 = 2
* : Mengalikan literal di kiri dengan literal di kanan Contoh: 5*3 = 15
/ : Membagi literal dikiri dengan literal di kanan: 5/3
b) Operator Penggabung
Operator Penggabung dinyatankan dengan symbol + (sama dengan operator penjumlah)
Fungsi Operator penjumlah adalah menggabungkan literal di sebelah kanan dan di sebelah kiri
System.out.println(“nilai X = ”+X);
contohnya : “1 + 2 = ”+(1+2)
Hasilnya : 1+2 = 3
c) Operator Penambahan & Pengurangan
Perhatikan bentuk – bentuk berikut:
X = 5;
X = X + 1;
Xbaru = Xlama + 1
Operator Penambah : ++
Operator pengurang: –
Pritah diatas dapat di gantikan dengan: ++X atau X++
d) Aritmatika Oprator Penambahan & Pengurangan
Exs:
Int x,y,z
X=4
Y=6
Z=++X + ++Y
= 5 + 7
=12
X = 5 Y=7
Int x,y,z
X=4
Y=6
Z=++X + Y++
= 5 + 7
=12
X = 5 Y=7
e) Operator Penugasan
Operator Penugasan memiliki bentuk – bentuk sbb:
=
+=
-=
*=
/=
%=
- Operator penugasan berlaku dengan ketentuan sbb:
-=,*=,/=,%=(berlaku untuk type bilangan integer atau real)
- Type variable
Int (integer (tdk boleh ada unsur pecahan))
Double (bil real(bilangan yang boleh ada pecahan))
Bolean (logica (variable yang bernilai ‘0’ atau 1 atau ya atau tidak Betul atau Salah))
f) Operator pembanding adalah operator yang br fungsi membandingkan 2 literal, hasil pembandinagn jawabannya adalah true or false , ya atau tidak, 1 atau 0, benar atau salah
Jenis-jenis Operator Pembanding:
- 1.
Berlaku untuk string, Boolean,bilangan
- 2. ! = (ketidak samaan)
- 3. > (lebihb esar) , < (lebih kecil)
- 4. >= (lebih besar atau sama dengan) , <= (lebih kecil atau sama denagn)
Contoh program:
Int a,b ;
a = 5; b = 7;
operator fungsi jawaban
a = = b apakah a samadengan b false
a ! = b apakah a tidak sama dengan b true
a > b apakah a lebih besar dari b false
a < b apakah a lebih kecil dari b true
a >= b apakah a lebih besar atau sama dengan b false
a <= b apakah a lebih kecil atau sama dengan b true
g) Operator Logica
Dalam operasinya operator logica menggunakan input operator pembanding, karna itu input terhadap operator logica adalah True or False. Begitu juga output dari oprator logica hanya True or False.
Operator Logica dasar terdiri atas 3 jenis(not , and , or)
- Operator NOT
Symbol operator NOT adalah !
- Operator AND
Symbol Program untuk operator AND &&
INPUT
|
Output
|
|
Input 1
|
Input 2
|
|
0
|
0
|
0
|
0
|
1
|
0
|
1
|
0
|
0
|
1
|
1
|
1
|
ika salah satu pernyataan salah maka jawabannya salah
Jika jawaban 22 nya benar maka benar.