Monday, April 29, 2013

warih Bentuk puisi kontemporer dan Contoh nya azik

warih Bentuk puisi kontemporer dan Contoh nya azik - terbaru mantab azik ajib sekali ada dari warih Bentuk puisi kontemporer dan Contoh nya azik.

Bentuk puisi kontemporer Puisi Kontemporer di bedakan menjadi beberapa jenis, yaitu:

1.    Puisi Tanpa KataYaitu puisi yang sama sekali tidak menggunakan kata sebagai alat ekspresinya. Sebagai gantinya di gunakan titik-titik, garis, huruf, atau simbol-simbol lain.
2.    Puisi Mini KataYaitu puisi kontemporer yang menggunakan kata dalam jumlah yang sangat sedikit, dilengkapi dengan symbol lain yang berupa huruf, garis, titik, atau tanda baca lain

  • Sutardji Calzoum Bachri dengan tiga kumpulan puisinya O, Amuk, dan O Amuk Kapak
  • Ibrahim Sattah dengan kumpulan puisinya Hai Ti
  • Hamid Jabbar dengan kumpulan puisinya Wajah Kita
  1. Puisi mantra adalah puisi yang mengambil sifat-sifat mantra. Sutardji Calzoum Bachri adalah orang yang pertama memperkenalkan puisi mantra dalam puisi kontemporer. Ciri-ciri mantra adalah:
  1. - Mantra bukanlah sesuatu yang dihadirkan untuk dipahami melainkan sesuatu yang disajikan untuk menimbulkan akibat tertentu
  1. - Mantra berfungsi sebagai penghubung manusia dengan dunia misteri
  1. - Mantra mengutamakan efek atau akibat berupa kemanjuran dan kemanjuran itu terletak pada perintah.
  1. Puisi mbeling adalah bentuk puisi kontemporer yang tidak mengikuti aturan. Aturan puisi yang dimaksud ialah ketentuan-ketentuan yang umum berlaku dalam puisi. bentuk puisi kontemporer ini muncul pertama kali dalam majalah Aktuil yang menyediakan lembar khusus untuk menampung sajak, dan oleh pengasuhnya yaitu Remy Silado, lembar tersebut diberi nama “Puisi Mbeling”. Kata-kata dalam puisi mbeling tidak perlu dipilih-pilih lagi. Dasar puisi mbeling adalah main-main.
  1. *Ciri-ciri puisi mbeling adalah mengutamakan unsur kelakar; pengarang memanfaatkan semua unsur puisi berupa bunyi, rima, irama, pilihan kata dan tipografi untuk mencapai efek kelakar tanpa ada maksud lain yang disembunyikan (tersirat)
  1. Puisi konkret adalah bentuk puisi kontemporer yang disusun dengan mengutamakan bentuk grafis berupa tata wajah hingga menyerupai gambar tertentu. bentuk puisi kontemporer seperti ini tidak sepenuhnya menggunakan bahasa sebagai media. Di dalam puisi konkret pada umumnya terdapat lambang-lambang yang diwujudkan dengan benda dan/atau gambar-gambar sebagai ungkapan ekspresi penyairnya.
bentuk puisi kontemporer, pengertian puisi kontemporer, ciri puisi kontemporer, tokoh puisi kontemporer, puisi kontemporer dan artinya, ciri puisi mantra, puisi mbeling, puisi konkret, pengertian puisi mantra
  • contoh puisi kontemporer berjudul MANTERA
  • lima percik mawar
  • tujuh sayap merpati
  • sesayat langit perih
  • dicabik puncak gunung
  • sebelas duri sepi
  • dalam dupa rupa
  • tiga menyan luka
  • mengasapi duka
kau jadi Kau!
Kasihku
yang paling mawar
yang paling duri
yang paling sayap
yang paling bumi
yang paling pisau
yang paling risau
yang paling nancap
yang paling dekap
samping yang paling
Kau ! ( 1981:37 )
contoh puisi kontemporer, ciri-ciri puisi kontemporer, contoh puisi modern, contoh puisi kontemporer dan maknanya, puisi kontemporer chairil anwar, contoh puisi kontemporer dan analisisnya, contoh puisi kontemporer konkret

bentuk puisi kontemporer – Kata kontemporer secara umum bermakna masa kini sesuai dengan perkembangan zaman atau selalu menyesuaikan dengan perkembangan keadaan zaman. Selain itu, puisi kontemporer dapat diartikan sebagai puisi yang lahir dalam kurun waktu terakhir. bentuk puisi kontemporer berusaha lari dari ikatan konvensional puisi itu sendiri. bentuk puisi kontemporer seringkali memakai kata-kata yang kurang memperhatikan santun bahasa, memakai kata-kata makin kasar, ejekan, dan lain-lain. Pemakaian kata-kata simbolik atau lambing intuisi, gaya bahasa, irama, dan sebagainya dianggapnya tidak begitu penting lagi.
Tokoh yang terkenal dalam bentuk puisi kontemporer
bentuk puisi kontemporer di bedakan menjadi 3
Artikel yang terkait dengan bentuk puisi kontemporer

contoh puisi kontemporer
contoh puisi kontemporer – Puisi kontemporer adalah puisi yang lepas dari aturan-aturan pokok penulisan puisi. puisi kontemporer kebanyakan mengungkapkan hal-hal atau topik yang memasyarakat dengan bebas, terbuka, dan tidak “muluk-muluk” seperti pada penulisan puisi konvensional yang sarat akan aturan-aturan penulisan puisi. Dan pendapat lain mengenai contoh puisi kontemporer, yaitu jenis sastra yang aneh, yang lugu, yang nakal, anti tema, nati plot, anti logika dan lain sebagainya.
berikut contoh puisi kontemporer
  • puah!
contoh puisi kontemporer dan maknanya
SOLITUDE
“ yang paling mawar “, artinya yang paling mempunyai sifat-sifat seperti mawar, yaitu biasanya warnanya merah cemerlang, menarik, indah dan harum . Jadi kesunyian ( solitude ) itu mempunyai sifat yang paling menarik , indah, serta harum . “yang paling duri” artinya paling menusuk, menyakitkan, menghalangi, seperti duri. ”yang paling dekap” ialah yang paling mesra seperti orang mendekap. Begitulah kesunyian itu. Dan di samping sifat yang paling itu adalah “Kau“ yaitu Tuhan . Jadi, bila orang dalam keadaan yang paling itu, orang akan teringat atau melihat “ Tuhan “ .
Artikel yang terkait dengan contoh puisi kontemporer
◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2012 dhono-warih Seo Elite by BLog BamZ | Blogger Templates | Privacy | Feed Rss