Friday, May 3, 2013

warih Beda Diameter Leher Knalpot Racing dan Standar azik

warih Beda Diameter Leher Knalpot Racing dan Standar azik - terbaru meuaskan sekali ada dari warih Beda Diameter Leher Knalpot Racing dan Standar azik.

Ini ulasan soal perbedaan diameter knalpot standar dan racing. Diangkat lewat pertanyaan yang diajukan di grup Facebook MOTOR Plus Reader. Seperti dikutip dari kiriman wall Yoga Cristian Audiger yang nulis “Saya kemarin baru beli knalpot racing untuk Yamaha Scorpio, tapi kalau saya perhatikan leher knalpotnya ternyata jauh lebih kecil daripada originalnya. Apakah ada pengaruhnya terhadap akselarasi dan top speed?”.

Kita bahas soal knalpot standar dulu. Memang kebanyakan knalpot racing, diameter lehernya lebih kecil dibandingkan standar. “Perbedaan diameter luar leher knalpot itu, karena knalpot standar biasanya dilapis seperti kondom sekitar 2 sampai 3 lapis untuk konsumen protek. Juga sebagai peredam panas yang berlebihan,” jelas M. Abidin, General Manager Service Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Dari perbedaan ini, coba ulas soal diameter dalam dan luar knalpot standar Yamaha Scorpio. Untuk diameter dalam leher knalpot Scorpio bisa diukur dengan jangka sorong sekitar 34,5 mm, sedangkan diameter luar didapat sekitar 49,5 mm. Terlihat dari angka yang tertulis beda angka diameter dalam dan luar sekitar 15 mm. Itu karena terdapat lapisan dileher knalpot.

“Knalpot standar didesain untuk efisiensi engine, sedangkan knalpot racing diciptakan sesuai kebutuhan setingan engine yang sudah abnormal. Tentu saja ukuran pun pasti berubah,” tambah Abidin. Jadi, kalau dipermasalahkan soal diameter luar leher knalpot, coba deh lihat diameter dalamnya apakah sama atau berbeda.

Perbedaan diameter leher knalpot yang lebih besar atau kecil, pasti sangat pengaruh terhadap akselarasi motor. Dengan diameter leher lebih kecil, akselarasi bawah pasti lebih cepat naik alias galak.

"Sedangkan diameter leher yang lebih besar akselarasi malah jadi lebih lemot dibanding dengan diameter leher yang kecil,” jelas Sarjono, mekanik yang nengok disapa Kancil dari bengkel Sweet Martabak Racing (SMR), yang bermukim di Jl. Joglo Raya No. 190, Ciledug, Tangerang, (depan SMA Yadika 5).  (motorplus-online.com)
◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2012 dhono-warih Seo Elite by BLog BamZ | Blogger Templates | Privacy | Feed Rss