Monday, May 6, 2013

warih Tips Cara Memilih Flashdisk azik

warih Tips Cara Memilih Flashdisk azik - terbaru memuaskan ada dari warih Tips Cara Memilih Flashdisk azik.



Tips memilih USB Flashdisk ini sengaja saya tulis untuk sekedar berbagi pengalaman dalam memilih USB Flashdisk yang akan kita beli. Maklum saja dari beberapa pengalaman saya dan beberapa temen dalam membeli USB Flashdisk, kadang berakhir dengan cerita buruk, mulai dari kecepatan baca-tulis (copy data) yang lambat sampai dengan Flashdisk yang tidak terbaca dan flashdisk rusak (mati-total) sama sekali.

Beberapa kerusakan Flashdisk seperti flashdisk yang terbaca 0 byte, flashdisk error dan beberapa kerusakan flashdisk lainnya masih bisa diperbaiki dengan menggunakan software untuk memperbaiki flashdisk. Tetapi data yang tersimpan didalamnya kadang tidak dapat diselamatkan. Untuk itu pandai-pandailah memilih USB Flashisk sebelum memutuskan untuk membelinya.

flash disk

Berikut ini adalah beberapa tips dalam memilih USB Flashdisk yang akan kita beli:

1. Merek Flashdisk

Menentukan merek flashdisk tujuan utamanya adalah berkaitan dengan kualitas, standarisasi produk, dukungan software, garansi dan layanan purna jual dari flashdisk tersebut. Dipasaran banyak sekali merek flashdisk yang tersedia seperti misalnya : ADATA, KINGSTON,  HP, TRANSCENDNEXUS, SANDISKPENDRIVE dan masih banyak lagi.

Untuk mencari merek yang mempunyai reputasi "baik" dalam hal kualitas dan layanan, kita bisa mencari tau di internet seperti lewat forum, blog dan situs jual beli online, disini kita pilih yang most selling atau banyak direview dan direkomendasikan orang lain. Kemudian kita cari website resminya untuk melihat-lihat fitur dan layanan yang tersedia.


2. Kapasitas Penyimpanan

Mengenai kapasitas peyimpanan Flashdisk ini saya mempunyai cerita dari pengalaman seorang teman. Waktu itu dia membeli sebuah flashdisk secara online dengan kapasitas flashdisk sebesar 250GB dengan harga Rp 150.000,- Harga yang menurut saya sangat murah untuk kapasitas sebesar itu, sayapun dalam hati cuma bisa berkata "Flashdisk ini sepertinya palsu dan tak akan bertahan lama". Benar saja hanya dalam hitungan minggu, flashdisk tersebut sudah mampir ditempat sampah.

Dari cerita diatas, saya hanya ingin mengatakan bahwa kita harus bijak dalam menentukan kapasitas flashdisk yang hendak kita beli. Dilihat dari fungsinya sebagai media pertukaran data, maka kapasitas flashdisk tentunya tidak perlu terlalu besar dan pada kenyataannya kapasitas flashdisk pun bisa saja "menipu". Flashdisk ukuran 2GB - 4GB menurut saya sudah cukup untuk menyimpan file-file sementara.

3. Kecepatan Transfer data.

Kecepatan transfer data adalah kecepatan yang dimiliki Flashdisk untuk membaca data dan menyimpan data. Kecepatan membaca data biasanya lebih tinggi daripada kecepatan menyimpan.

Kecepatan transfer data ini nantinya nantinya akan menurun jika menggunakan kabel USB atau USB hub. Untuk mengecek kecepatan transfer data dari USB Flashdisk, kita bisa menggunakan aplikasi USB Flash Benchmark dari usbflashspeed.com.

4. Bahan dan Bentuk Casing Flashdisk

Selain faktor seni hal yang penting menurut saya dari bahan dan bentuk casing ini adalah desainnya harus kokoh dan dapat melindungi flashdisk dari benturan apabila terjatuh misalnya. Saya sendiri lebih menyukai casing flashdisk yang terbuat dari bahan karet.

5. Fitur Security 

Bagi Anda yang ingin menyimpan data-data penting dalam flashdisk,  ada baiknya untuk memilih Flash Disk yang mempunyai fitur security hardware encryption seperti pada USB Security Flash Disk NETAC dan IronKey. Tetapi harga flash disk jenis ini lumayan mahal. Untuk menambahkan fitur enkripsi pada flash disk temen-temen bisa menggunakan software proteksi data  pada flash disk, menggunakan enkripsi file atau menggunakan aplikasi TrueCrypt.

6. Perhatikan Faktor Keaslian Flash Disk

Hal yang harus kita perhatikan dalam memilih Flashdisk selanjutnya adalah faktor keaslian (original) dari flash disk itu sendiri. Agar flash disk yang kita beli merupakan flashdisk original, ada baiknya kita membeli flash disk dari toko terpercaya dan jangan mudah tergiur dengan harga murah yang ditawarkan. Selengkapnya tips untuk memilih flashdisk falsu dan original bisa dilihat disini.
◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2012 dhono-warih Seo Elite by BLog BamZ | Blogger Templates | Privacy | Feed Rss