Friday, May 3, 2013

warih Ganti Filter Udara Honda BeAT, Tiap 15 Ribu Km Cuma Rp 43 Ribu azik

warih Ganti Filter Udara Honda BeAT, Tiap 15 Ribu Km Cuma Rp 43 Ribu azik - terbaru memuaskan sekali ada dsari warih Ganti Filter Udara Honda BeAT, Tiap 15 Ribu Km Cuma Rp 43 Ribu azik.

Populasi Honda BeAT sudah enggak banyak lagi, tapi buanyak banget! Matik andalan Honda ini penjualannya selama tahun 2012 saja sudah tembus 1,3 juta unit. Kalau begitu, enggak ada salahnya mengingatkan para pemilik motor sejuta umat ini soal perawatan.

Salah satu yang krusial adalah filter udara. Menurut Safrudin, kepala bengkel Clara Motor II, bengkel resmi Honda yang berlokasi di Jalan Raya Panjang, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, filter udara memiliki fungsi menyaring udara bebas dari luar yang akan masuk ke ruang pembakaran agar selalu dalam keadaan bersih.

Udara yang disaring tadi kemudian akan menuju ke ruang pembakaran dengan bahan bakar. Dengan bercampurnya udara dan bahan bakar, maka kedua zat ini akan berubah menjadi gas lalu menuju ruang silinder.

“Kalau udara yang masuk bercampur dengan debu, pasir atau kotoran lain, akibatnya bisa fatal. Piston, ring piston dan dinding silinder menjadi aus atau baret. Itulah kenapa fungsi filter udara sangat penting,“ jelas pria ramah yang akrab disapa Udin ini.

Pada Honda BeAT, filter udara yang digunakan adalah tipe kertas. Sama seperti motor-motor baru kebanyakan. Filter udara tipe kertas ini punya keunggulan bila dibandingkan dengan filter udara busa, yaitu pori-porinya berukuran lebih kecil daripada filter busa. Sehingga dapat lebih baik dalam proses penyaringan udara.

Untuk perawatannya, Udin menjelaskan bahwa filter udara tipe kertas yang dipakai di Honda BeAT, harus diganti secara berkala tiap 15.000 kilometer. Ia mewanti-wanti untuk tidak membersihkan filter udara secara manual.

“Adanya oli khusus yang melapisi filter kertas membuat filter kertas tidak dapat dibersihkan dengan dilap ataupun disemprot kompresor. Karena kandungan olinya bisa hilang dan akibatnya penyaringan menjadi terganggu. Makanya maksimal 15.000 kilometer filter udara ini harus diganti,“ tegas Udin.

15.000 kilometer itu sekitar satu sampai satu setengah tahun. Lumayan lama kan! Harga filter udara tipe kertas yang digunakan di Honda BeAT ini juga tidak terlalu mahal. Cuma Rp 43 ribu saja! (motorplus-online.com)
◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2012 dhono-warih Seo Elite by BLog BamZ | Blogger Templates | Privacy | Feed Rss