Friday, May 3, 2013

warih Modifikasi KIA Picanto SQ : Suara Optimal Sabet Jawara azik

warih Modifikasi KIA Picanto SQ : Suara Optimal Sabet Jawara azik - terbaru sekali ada dari warih Modifikasi KIA Picanto SQ : Suara Optimal Sabet Jawara azik.

Melakukan tuning yang tepat dan mengoptimalkan kinerja tiap driver merupakan ramuan yang dilakoni, sehingga kerja keras ini menuai hasil dengan meraih jawara di kontes audio bertajuk The 3rd JBL MS-8 Easy Tuning Contest 2013 pada 13-14 April 2013 lalu.
KIA Picanto Modifikasi SQ
“Ramuan khususnya sederhana. Kami maksimalkan kualitas suara dengan setting-an benar dan tepat,” buka Steven dari AJM Audioworkshop selaku eksekutor mobil KIA Picanto ini.
KIA Picanto Modifikasi SQ
Namun proses modifikasi pada sistem audio KIA Picanto ini melalui beberapa tahap, mulai dari perbaikan akustik kabin hingga pemilihan perangkat pendukung yang mengkombinasi Venom dan Be-fit.

“Hal awal yaitu pemasangan peredam di seluruh body KIA Picanto kecuali plafon. Fungsinya agar body mobil menjadi rigid, sehingga suara akan baik dan mumpuni,” ujat Steven.

Pemilihan pemutar musik mengandalkan head unit yang sudah mendukung untuk konsep Sound Quality dengan beragam fasilitas yang disajikan. ”Saya pilih Pioneer DEX-P99RS karena optikalnya bagus. Kemudian fasilitas pengaturan equalizer 31-band memudahkan untuk melakukan tuning suara,” tambahnya.
KIA Picanto Modifikasi SQ
Merunut ke sektoral suara, pemilihan speaker 2-way dari Be-fit dipercayakan oleh Steven. Namun sudut speaker dibuat sesuai posisi yang ideal. ”Arah tweeter dibuat on-axis agar memudahkan pengaturan time correction, kemudian untuk midbass arahnya off-axis. Memang konus midbass Be-fit tidak di tengah. Namun dengan sudut ini, staging maupun imaging dapat tertata rapi di atas dashboard,” jelas Steven.
KIA Picanto Modifikasi SQ
Sedangkan kontribusi suara frekuensi rendah pada sistem audio KIA Picanto ini mengandalkan 1 unit subwoofer Venom, namun dioptimalkan proses instalasinya yaitu membuatkan boks berjenis sealed dengan volume sebesar 0,8 cu/ft, sehingga gebukannya bisa presisi dan solid.
KIA Picanto Modifikasi SQ
Asupan daya pada setiap pengeras suara di KIA Picanto ini mengandalkan 2 unit power, yaitu 4-channel untuk mensokong speaker depan, dan power berjenis monoblock untuk mensuplay subwoofer.
KIA Picanto Modifikasi SQ
Ketika proses instalasi audio pada KIA Picanto rampung, hal akhir yang dilakukan Steven yaitu menata suara yang ciamik dengan pemotongan frekuensi melalui fitur di head unit, serta dirapihkan melalui prosesor ekternal. “Tweeter HPF 4 kHz, midrange HPF 100 Hz LPF 3,2 kHz seta subwoofer 80 Hz,” tutupnya.
KIA Picanto Modifikasi SQ
Hasilnya, gelar jawara pada kelas JBL Special Class MS-2 berhasil digenggam.
KIA Picanto Modifikasi SQ
Head Unit : Pioneer DEX-P99RS
Prosessor : JBL MS-2
Speaker : Be-fit
Subwoofer : Venom VI8W
Power : Venom PS81.4, Venom PS150.4
Kabel Speaker : Silent Wire
Kabel RCA : Tchernov
Powered by : AJM Audioworks, Jakarta Timur
◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2012 dhono-warih Seo Elite by BLog BamZ | Blogger Templates | Privacy | Feed Rss